SEO vs Adwords merupakan sebuah dilema bagi para internet marketer pemula yang ingin mengimplementasikan promosi secara online. Kedua konsep ini memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya. SEO pada dasarnya merupakan sebuah teknik alami sedangkan Adwords merupakan sebuah teknik berbayar yang mana para pengiklan akan membayar sejumlah uang terhadap jumlah klik yang menuju website mereka.
Baik SEO ataupun adword sebenarnya dapat digunakan dalam berbagai kondisi, jika ingin instan maka dapat menggunakan jasa Adwords untuk mempromosikan situs. Namun jika website tersebut ingin dioptimasi secara alami maka dapat menggunakan teknik SEO atau menyewa para pakar SEO dan konsultan SEO terbaik untuk mengerjakannya.
Kelebihan SEO Daripada Adwords
SEO memiliki kelebihan dari pada teknik Adwords, kelebihan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
- SEO teknik yang dapat dilakukan secara gratis jika pemilik situs dapat dan memahami teknik ini.
- Hasil yang diperoleh akan permanen. Artinya dapat bertahan lama di mesin pencari tanpa membayar lagi.
- Popularitas situs akan meningkat.
- Traffic dan image situs dimata mesin pencari akan lebih baik.
Kelebihan Adwords Dari pada SEO
Adwords juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan SEO, kelebihan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
- Dapat muncul hanya dalam hitungan jam.
- Dapat muncul di berbagai situs terkenal yang banyak pengunjungnya
- Dapat meraih pengunjung dalam jumlah yang banyak asal ada budget yang besar.