Virus WordPress Semakin Merajarela : Mencegah dan Mengatasinya

Virus atau malware wordpress semakin menjadi jadi, hal ini sangat berpengaruh pada seo onpage yang mana dapat berdampak kronis pada website yang sedang di optimasi.

Apa saja contoh virus atau malware yang disebabkan oleh wordpress ini ?

  1. Penambahan halaman. Malware yang menambah halaman tanpa izin atau sepengetahuan dari admin yang menyebabkan adanya laman dengan bahasa berbeda atau spaming page.
  2. Generate javascript malware sebelum </head>. Script yang otomatis meredirect atau menload situs yang dimuat dalam javascript tersebut. Hal ini akan terdeteksi vital oleh google jika situs tersebut adalah situs berbahaya.
  3. Adanya injeksi database. Injeksi database adalah salah satu teknik malware yang sangat merugikan dan sulit di atasi. Biasanya script sql injeksi yang ditempatkan memuat beberapa teknik cracker seperti perubahan konten atau memasukkan internal link.

Virus atau malware dalam sebuah website adalah masalah tersendiri yang wajib di atasi sedini mungkin, karena dapat berdampak pada kredibilitas web di mata mesin pencari dan klien sendiri.

Cara mencegah

  • Jangan login pada komputer yang tidak memiliki anti virus
  • Jangan membuka / mengunduh / upload file dari / ke cpanel / ftp pada laptop / komputer yang diragukan / tidak memiliki anti virus.
  • Update ke versi wordpress terbaru
  • Gunakan plugin yang terpercaya
  • Jangan gunakan template gratis.
  • Pastikan server tempat hosting kredibel atau berkualitas. JIka perlu pastikan anda menggunakan dedicated server

Cara mengatasi

Cara mengatasi serangan malware atau virus umumnya sangat tergantung dari serangan yang terjadi, namun pada tahap ini kami akan menjelaskan beberapa teknik paling umum yang digunakan.

  1. Update wordpress ke versi terbaru. Cara ini sangat ampuh, karena otomatis akan menghapus malware yang di tempatkan di file lama.
  2. Cek file file aneh bukan bawaan wordpress. Jika ditemukan, remove saja.

Nah itu lah beberapa info penting yang dapat anda lakukan untuk mengatasi jika terjadi sesuatu di web anda.