Posisi Keyword di Google.com dan Google.co.id

Posisi keyword di Google.com dan Google.co.id pastinya memiliki perbedaan untuk kata kunci dan website dalam hasil pencarian. Google.com memiliki engine global dalam melakukan pemeringkatan situs, sedangkan google.co.id akan memprioritaskan situs dengan bahasa dan region dari Indonesia.

Lalu Dapatkah Kita Mengatur Posisi di Google.com dan Google.co.id

Google memiliki fitur untuk memberitahu mereka region situs anda yang dinamakan geo tag atau geo location. Contoh penggunaan geo tag ini adalah sebagai berikut:

<meta name=”geo.region” content=”ID” />
<meta name=”geo.placename” content=”Jakarta” />
<meta name=”geo.position” content=”-6.228702;106.666946″ />
<meta name=”ICBM” content=”-6.228702, 106.666946″ />

Penggunaan ini menyatakan daerah target adalah Indonesia dengan tempat di Jakarta serta longitude posisi tempat tersebut. Apakah hal ini akan mempengaruhi pencarian di daerah tersebut ? Jawabanya adalah ia, google akan mengunakan ini untuk lebih memprioritaskan pencarian disekitar daerah tersebut jika para visitor dikenal memiliki IP yang hampir sama atau mendekati dengan daerah tersebut.

Lebih baik Menggunakan Geo Location atau tidak ?

Perhatikan dulu bisnis anda, jika anda memiliki bisnis yang konsumen pokoknya berasal dari offline seperti restoran, bengkel, dan jasa ekspedisi mungkin ada baiknya menggunakan geo location ini. Namun jika anda memiliki bisnis yang tidak terlalu mempedulikan posisi ini, sebaiknya tidak perlu diset.

Geolocation ini akan mempengaruhi pencarian di Google.co.id dan google.com namun bobotnya tidak terlalu besar.

Perbandingan Hasil Pencarian di Google.com dan Google.co.id

google.com vs Google.co.idGoogle.com dan Google.co.id memiliki “Algoritma yang berbeda” dalam melakukan pemeringkatan situs web di hasil pencarian mereka.

Namun banyak yang hanya mengetahui google.com dan google.co.id saja, padahal kedua google ini memiliki “4 versi”

  1. Google.com bahasa inggris
  2. Google.com bahasa Indonesia
  3. Google.co.id bahasa inggris
  4. Google.co.id bahasa Indonesia

Gambar di atas kami berikan hasil pencarian untuk salah satu kata kunci di google.co.id bahasa indonesia (kiri) dan google.co.id bahasa inggris (sebelah kanan). Anda bisa melihat perbedaannya google.co.id bahasa inggris memiliki engine yang sama dengan google.com bahasa inggris.

Begitu juga sebaliknya jika anda membuka google.com bahasa indonesia hasilnya akan sama dengan google.co.id bahasa indonesia. Hal ini tergantung dari setelan browser dari pengguna. Namun saat ini yang paling banyak di gunakan di Indonesia adalah google.com (alexa ranking) dan kemungkinan google.com bahasa Indonesia yang artinya sama dengan google.co.id bahasa Indonesia.

Apakah kita dapat mengatur posisi .com dan .co.id di posisi teratas?

Tidak bisa. TIdak ada yang dapat mengatur posisi teratas di google. Sebagai konsultan seo, seoone akan mengoptimasi web agar muncul di posisi optimal sesuai dengan karakteristik web dan kata kunci yang diusung. Berikut pernyatan resmi dari google

No one can guarantee a #1 ranking on Google.

Beware of SEOs that claim to guarantee rankings, allege a “special relationship” with Google, or advertise a “priority submit” to Google. T

Keserakahan para blogger yang tidak ingin bekerja keras dan ingin diposisi teratas di semua kata kunci pada akhirnya akan menjerumuskan mereka sendiri. Bahkan GOOGLE sendiri tidak dapat menjamin posisi anda di top 1 karena mereka sering mengupdate algoritma dan tools yang mereka gunakan dalam pemeringkatan situs.

Sebagai konsultan SEO yang telah bertahun tahun mengoptimasi ratusan klien, Seoone telah melihat secara nyata hal ini. Web yang tidak pernah diupdate dan ditambahkan konten original di webnya selama periode optimasi tidak akan dapat muncul signifikan di Google. Walaupun kata kunci yang diusung tidak terlalu sulit, namun tentu google tidak ingin “Rumah yang tidak pernah di cuci atau di rawat” dikunjungi orang sehingga harus mereka tendang.  Jadi Tips bagi anda yang ingin mendapat posisi optimal selain dengan bantuan seoone, harap rawat webnya dengan baik, isi dengan konten berkualitas dan original dan pastikan web anda aktif dan tidak ada malware.

-Semoga Sukses-

Seoone Team’s

Summary
Article Name
Posisi Keyword di Google.com dan Google.co.id
Description
Posisi keyword di google.com dan google.co.id memang terkadang berbeda, pahami "4 versi" dari google.com dan google.co.id dalam SERP.
Author