Mengapa Algoritma SEO Google Terus Berubah ?

Salah satu yang banyak ditanyakan kepada Seoone adalah mengapa algoritma Google terus berubah dan berkembang sangat pesat. Jawaban yang pasti adalah GOOGLE INGIN MEMASTIKAN web yang ditampilkan di halaman pencari adalah web yang dibutuhkan pengunjung. Perkembangan SEO Google merupakan salah satu yang paling cepat di antara mesin pencari lainnya seperti yahoo dan bing.

Pengalaman tim Seoone dalam mengarungi dunia SEO betul betul merasakan bagaimana perkembangan ini berdampak pada seluruh klien yang kami tangani. Di awal mengenal SEO di tahun 2006 tentu sangat lucu ketika kita mengingat bahwa SEO sangat sederhana dan simpel sekali.

Kunci Sukses SEO Sebelum 2010

Sebelum tahun 2010 SEO mungkin sangat simpel bagi para blogger, berikut adalah catatan kami seo saat itu :

Meta Keyword 

Komponen ini saat itu sangat lah penting bagi SEO dimana penekanan pada keyword dapat ‘langsung melejitkan’ web anda. Pengulangan kata kunci seperti “Kata kunci, kata kunci murah, kata kunci online” yang diset di meta keyword akan sangat menunjang posisi di mesin pencari.

Saat ini meta keyword telah di hapus dari algoritma Google.

Nama Domain

EMD atau kesesuaian nama domain dengan kata kunci memiliki prioritas besar dalam menentukan hasil di halaman pencarian, tidak salah sangat banyak orang yang membeli nama domain bagus dengan harga yang sangat mahal.

Saat ini peran EMD atau kesamaan nama domain sudah sangat kecil

Bold Keyword

Salah satu kunci kesuksesan “seo tempo dulu” adalah strong atau “hitamkan” keyword maka google akan memprioritaskan url tersebut. Namun saat ini Google sudah jauh lebih pintar dan tidak terlalu mengubris hal ini.

Lalu jawabnya mengapa ketiga hal simpel ini di ubah Google, dan mengapa Google terus melakukan revolusi terhadap algoritmanya ? Berikut jawabannya.

Penyebab Perubahan Algoritma Google

Pada intinya perubahan algoritma Google disebabkan oleh adanya niat buruk dari para blogger yang menghalalkan segala cara untuk berada di halaman pertama.

1. Menghindari Spamming

Mungkin anda pernah browsing yang menemukan website yang isi nya tidak sesuai dengan berita atau info yang anda inginkan. Sebagai contoh ketika anda mencari “Apa perbedaan kimia dan fisika” lalu anda melihat di halaman pencarian dan masuk di salah satu web. Di web tersebut hanya berisi

Maaf anda mencari “apa perbedaan kimia dan fisika” informasi mengenai “apa perbedaan kimia dan fisika” tidak ditemukan di web ini, harap browsing atau search dengan keyword lain

Apakah anda pernah mengalaminya ? menyebalkan ? tentu Google juga sangat sebal dengan hal seperti ini. Oleh karenanya mereka pasti melakukan perubahan algoritma untuk menghindari hal ini (auto generate content)

2. Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi khususnya web membuat Google juga harus menyesuaikan dengan teknologi tersebut. Penerapan teknologi memaksa google untuk memperbaruhi algoritmanya menjadi lebih dinamis contoh saja penerapan HTML 5, responsive design yang juga membuat google menambah kriteria untuk good quality web.

3. Persaingan Industri

Sudah menjadi rahasia umum bahwa industri search engine sangat banyak peminatnya saat ini, perusahaan besar seperti yahoo, dan bahkan microsoft juga tertarik pada industri ini. Hal ini membuat google harus memberikan perbedaan dan hal hal baru yang dibutuhkan oleh user.

4. Kebutuhan Users

Pengguna merupakan salah satu faktor terpenting dalam mesin pencari, tanpa pengguna maka mesin pencari tersebut tidak akan bermanfaat. Users secara tidak langsung akan mendorong google untuk melakukan perubahan, sebagai contoh pencarian di setiap negara akan berbeda, jika google memberikan prioritas sama, maka pengguna akan kebingungan mencari info yang mereka butuhkan dan mau tidak mau google harus membedakan pencarian tersebut berdasarkan wilayah.

5. Kebutuhan Inovasi

Google merupakan salah satu perusahaan yang dinamis, oleh karenanya banyak inovasi yang dihadirkan dalam mesin pencari mereka. Hal ini akan berdampak pada algoritma yang mereka kembangkan, semakin bermanfaat inovasi tersebut maka akan semakin sering algoritma google di upgrade.

Inti dari perubahan algoritma yang dilakukan Google adalah untuk menemukan solusi terbaik bagaimana memberikan hasil pencarian berkualitas untuk penggunanya.

Summary
Article Name
Mengapa Algoritma SEO Google Terus Berubah ?
Description
Mengapa algoritma SEO Google terus mengalami perubahan dan bergerak dinamis, jawaban utama adalah menghindari web spamming dan users oriented.
Author