Kesalahan Paling Umum Pada SEO

SEO merupakan teknik sebagai strategi marketing website yang sudah banyak dilakukan. Bagi pelaku bisnis dibidang internet saat ini banyaknya persaingan dibidang internet ini, membuat para pelakunya harus memikirkan strategi pemasaran yan tepat dan juga mendatangkan banyak keuntungan bagi bisnis tersebut. Teknik SEO merupakan salah satu metode yang banyak dilakukan namun, SEO bisa saja tidak bekerja jika penanganannya salah.

5 Kesalahan Paling Umum Pada SEO Yang Sering Dilakukan

Memulai bisnis pada internet ini dan memutuskan akan berkonsentrasi pada SEO untuk strategi traffic website, dengan mengoptimalkan web pada Google, Bing dan Yahoo yang mampu mengirimkan ribuan pengunjung . Anda melakukan penelitian kata kunci dan menemukan beberapa frase kata yang mampu membawa jumlah lalu lintas yang besar. Mengoptimalkan situs web dengan mendapatkan banyak link, dan mengharapkan situs Web anda mulai mendaki pada hasil pencarian.

Setelah memulainya selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan web pun naik, tapi masih di halaman dua atau tiga, namun tampaknya tidak ada kenaikan posisi web lagi. Tidak ada yang bisa dilakukan dan hanya menimbulkan pertanyaan “sebenarnya apa yang terjadi??” Mungkin ada beberapa kesalahan SEO yang paling umum dilakukan :

  1. Apakah situs memiliki eksternal link?
    Google menggunakan web crawler (alias, bot atau Googlebot) untuk menemukan dan mengindeks halaman web dengan mengikuti link. Jika anda membuat konten yang baik namun sulit untuk menemukan, maka Google tidak bisa mengindeks dan memberikan peringkat konten website.
  2. Apakah halaman website  menggunakan kata-kata yang banyak dicari orang?
    jika tidak, pengguna tidak akan dapat menemukan website Anda.Misalnya, jika memiliki halaman tentang ketinggian Gunung Everest, konten tidak hanya menempatkan kata-kata “Gunung Everest” Anda bisa menggunakan kata-kata seperti “seberapa tinggi Gunung Everest” karena orang-orang akan melakukan pencarian pada kata-kata tersebut. Solusi: termasuk kata yang tepat pada halaman, kata Cutts. Jelaskan apa yang Anda lakukan atau memasukkan kata kunci yang dicari orang.
  3. Apakah konten terlalu fokus untuk membangun link dan tidak cukup untuk membuat konten yang menarik untuk pemasaran situs?
    Daripada memikirkan membangun link untuk mesin pencari, Cutts mengatakan web harus fokus pada membuat sesuatu yang menarik, alasan orang akan benar-benar ingin menggunakan situs tersebut. Kemudian berpikir tentang pemasaran yang lebih luas(misalnya, berbicara kepada wartawan surat kabar, billboard, membayar untuk iklan, pemasaran gerilya, dan menjangkau orang-orang).
  4. Perhatikan dengan judul dan deskripsi? terutama pada halaman yang berlalu lintas tinggi
    Buatlah judul halaman atau sesuatu yang yang banyak dicari, sehingga mudah ditemukan. Deskripsi (yang biasanya muncul sebagai potongan kalimat di bawah link situs dalam hasil pencarian) harus menarik orang untuk mengklik pada hasil pencarian, dengan membiarkan mengetahui bahwa situs tersebut, memberikan jawaban atas permintaan mereka.
  5. Apakah sudah menggunakan sumber daya webmaster?
    Ada banyak sumber daya untuk membantu situs anda, dapat ditemukan. Selain menyediakan Webmaster Tools, Google menyediakan sumber daya termasuk artikel, forum, blog, dan video. Googler juga menghadiri konferensi dan berbicara dengan orang secara online.

Bagaimana Mengatasi Kesalahan Umum Pada SEO ini

Membuat situs terkesan lebih crawlable (terindeks), termasuk kata yang tepat pada halaman website, menciptakan konten yang menarik untuk penunjung, meningkatkan penggunaan title dan deskripsi dan memanfaatkan sumber-sumber web gratis. Hanyalah lima cara dasar untuk mendapatkan peningkatan SEO dan juga memberikan pengalaman pada pengguna secara real.